Saturday, January 16, 2010

Cara Optimasi Link

Mungkin masih ada yang belum tahu bagaimana cara mengoptimasi sebuah link, karena itu kali ini saya mencoba berbagi bagaimana mengoptimasinya, baik lewat platform blogspot maupun wordpress yang juga bisa diaplikasikan pada platform yang lain. Hal ini saya rasa perlu, mengingat akan sangat berhubungan dengan dua postingan terakhir dari seri Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Teknik SEO Jurus Balita dan Analisis yang nantinya akan diganti dengan seri postingan mengenai Bisnis Online.

Pasti semua sudah mengetahui apa itu Link, yang merupakan sebuah penguhubung antara satu halaman postingan ke halaman postingan yang lain, baik yang masih di dalam blog itu sendiri (inbond link) maupun penghubung halaman postingan dengan halaman postingan di luar blog (outbond link).

Optimasi sendiri dilakukan untuk menambah nilai lebih sebuah postingan di posisi pencarian pada mesin pencari (Search Engine Ranking Position / SERP ). Berikut saya berbagi sedikit yang saya ketahui selama ini :

1. Tentukan kata (-kata) kunci yang mendukung satu halaman postingan.
2. Masukkan link pada kata tersebut menuju ke halaman yang di inginkan.
3. Masukkan title pada link tersebut (ada yang menyebutnya sebagai anchor link , tetapi saya lebih memilih istilah aslinya agar mudah dipahami) .

Sebuah link yang teroptimasi dengan baik akan memiliki struktur perintah HTML sebagai berikut :

KATA ATAU KALIMAT KUNCI

Contohnya : Jika ingin mengoptimasi Link yang menuju ke sebuah halaman yang sedang Nembak Keyword Pemenang Wajah Femina 2008 , maka salah satu contoh optimasi linknya adalah:

Pemenang Wajah Femina 2008

Bagaimana membuat struktur seperti itu?

1. Secara Umum yang berlaku untuk semua platform Blog baik Blogspot, Joomla dan lainnya.

Pada area teks pastikan anda bekerja dengan versi HTML. Lalu tambahkan deh struktur Link di atas, gampang kan hehehehe. Misalnya :

2. Khusus untuk blog berbasis Wordpress.

Karena pada wordpress ada fasilitasnya maka ga usah pusing-pusing bekerja dengan mengetikkan kalimat di atas, cukup menggunakan fasilitas insert link saja. Tinggal seleksi kata yang akan diisikan link lalu Klik icon Insert/Edit Link hingga akan muncul jendela baru seperti di bawah:

link

Pada Link URL masukkan alamat permalink halaman postingan yang dituju, lalu pada target plih apakah akan terbuka pada jendela yang sama atau jendela yang baru (saya lebih suka menggunakan jendela baru, biar halaman postingan kita tetap terbuka hehehe) lalu yang terakhir masukkan Kata(-kata) kunci pada kolom Title. Nah gampang khan? Hehehe…

Related Post



COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Cara Optimasi Link”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 auto backlink | auto backlink. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by auto backlink .