Sunday, January 17, 2010

Efisien Blogwalking

Bagi blogger pemula ea seperti saya ini, blogwalking merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk meningkatkan trafik blog. Blogwalking adalah aktifitas mengunjungi blog lain dan biasanya sambil meninggalkan komentar pada tulisan yang ada di blog tersebut. Hampir semua blogger mengakui bahwa blogwalking memiliki banyak manfaat dan keuntungan. Dengan blogwalking kita dapat menambah teman, mendapat ide untuk tulisan dan tentu saja kunjungan balik dari pemilik blog. Terkadang komentator lainnya di tulisan tersebut juga ikut mengunjungi blog kita. Masih banyak lagi manfaat blogwalking yang bisa kita dapatkan.
Pada awalnya, blogwalking biasanya dilakukan dengan mengunjungi satu persatu blog yang ada pada daftar blogroll. Ketika menemukan blog baru, kita biasanya menambahkan blog tersebut di daftar blogroll (tukar link), untuk nantinya akan kita kunjungi ketika blogwalking. Tetapi cara blogwalking seperti ini akan menimbulkan masalah karena tidak efisien.
Cara blogwalking seperti ini tidak efisien karena seringkali blog yang kita kunjungi ternyata belum terdapat tulisan baru, sehingga bisa dikatakan kita rugi datang kesana. Ini berarti cara blogwalking ini tidak efisien dan sering membuang waktu. Cara blogwalking yang lebih baik adalah dengan menggunakan bantuan sebuah software yang nantinya akan memberitahu kita ketika sebuah blog terdapat tulisan baru. Software ini biasa disebut dengan RSS Reader. Contohnya adalah FeedDemon (aplikasi desktop) atau Google Reader (online/berbasis web). Jadi ketika menemukan blog yang menarik, kita cukup menambahkan RSS Feed dari blog tersebut ke aplikasi RSS Reader kita.
Untuk anda yang sering berganti komputer saat blogwalking saya sarankan menggunakan aplikasi RSS Reader online seperti Google Reader. Sedangkan untuk anda yang selalu menggunakan komputer yang sama (komputer pribadi) ketika blogwalking anda dapat menggunakan aplikasi RSS Reader desktop seperti FeedDemon. Dengan cara ini, aktifitas blogwalking akan menjadi lebih efisien. Konten yang ditampilkan pada RSS Reader umumnya berupa ringkasan, hal ini juga sebuah keuntungan karena dengan membaca ringkasan tulisan (post) tersebut kita dapat memutuskan untuk mengunjungi tulisan pada blog tesebut atau tidak.

Related Post



COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Efisien Blogwalking”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 auto backlink | auto backlink. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by auto backlink .